4 Alasan Galaxy AI Bikin Hidup Pengguna Galaxy S24 Lebih Praktis

Pemanfaatan AI untuk mendorong produktivitas telah menjadi hal yang umum dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai generasi yang lekat dengan teknologi, Gen Z ternyata memiliki ketertarikan yang mendalam terhadap AI. Berkaca dari fakta tersebut, Samsung pun menyematkan Galaxy AI di badan flagship teranyarnya, Samsung Galaxy S24 Series, dengan tujuan bikin hidup pengguna lebih praktis.

Ketertarikan Gen Z terhadap teknologi AI sendiri sebenarnya telah ada sejak jauh-jauh hari, sebagaimana survei yang dilakukan oleh Google. Sebanyak 35% dari mereka, disebut raksasa mesin pencari, menggunakan AI untuk mengedit foto dan video melalui smartphone. Selain itu, 29% darinya memanfaatkan AI untuk keperluan menerjemahkan dokumen hingga menyortir data.

Menyadari potensi yang begitu besar dari AI termasuk di Indonesia, Samsung terus mendorong pengembangan teknologi AI pada perangkat Galaxy. Melalui kehadiran Galaxy AI sebagai inovasi terbaru, Samsung ingin memastikan bahwa AI yang dihadirkan, selain bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas pengguna, juga mendukung penggunanya dalam menyederhanakan aktivitas sehari-hari. Dan yang tidak kalah penting juga untuk mendukung pengembangan keterampilan serta bakat individu.

“Kami mempersembahkan Galaxy S24 Series yang telah dilengkapi Galaxy AI, dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat dalam menjalani aktivitas kesehariannya dan meningkatkan produktivitas, termasuk mendukung pengembangan skill dan talenta. Semua kecanggihan fitur AI di Galaxy S24 Series, seperti Chat Assist, Live Translate dan Circle to Search with Google, dapat langsung dinikmati pengguna tanpa memerlukan aplikasi tambahan. Kami berharap Galaxy S24 Series bisa membantu meningkatkan adopsi AI yang lebih luas dan seamless di Indonesia,” kata Verry Octavianus, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.

BACA JUGA:

Senada dengan hal tersebut, Irzan Raditya, CEO Kata.AI mengatakan data dari McKinsey menunjukkan bahwa AI mampu meningkatkan produktivitas hingga 70%. Kehadiran Galaxy S24 Series yang dilengkapi Galaxy AI tentu membuka banyak sekali peluang baru dalam menjalankan produktivitas yang lebih dari sebelumnya.

“Tidak hanya itu, berbagai kemudahan yang ditawarkan juga bisa membuka pintu bagi generasi mendatang untuk berinovasi dan mendorong batasan kreativitas. Saya pun menilai bahwa kehadiran Galaxy S24 Series dengan Galaxy AI terjadi di waktu yang tepat sejalan dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat,” tambah Irzan Raditya.

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan pengguna Galaxy S24 Series untuk mempermudah keseharian hingga produktifitas serta bikin hidup lebih praktis berkat Galaxy AI:

1. Transcript Assist, Browsing Assist hingga Note Assist Lebih Praktis

Sekarang, kita tidak perlu khawatir jika membutuhkan informasi lebih detail dari video atau rekaman suara dengan cepat. Galaxy AI menawarkan fitur Transcript Assist yang memungkinkan pengguna mendapatkan transkrip dengan mudah, yaitu dengan mengubah percakapan menjadi teks, meningkatkan efisiensi dalam menyelesaikan berbagai tugas atau pekerjaan.

Fitur ini juga dapat membantu kita dalam transkripsi dan langsung menerjemahkannya ke dalam 13 bahasa, yaitu bahasa Mandarin, Inggris, Prancis, Jerman, Hindi, Italia, Jepang, Korea, Polandia, Portugis, Spanyol, Thailand, dan Vietnam. Setelah itu, kita juga bisa merangkumnya dengan cara yang sangat mudah.

Galaxy AI Galaxy S24Berikut cara menggunakan fitur Transcript Assist:

  • Pilih rekaman yang ingin ditranskrip
  • Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas, kemudian klik ‘Transcribe’
  • Pilih bahasa yang diinginkan
  • Transkrip dari rekaman suara yang dipilih sudah selesai

Tak hanya itu, kita juga bisa memanfaatkan fitur Note Assist untuk memudahkan dalam mencatat informasi tapi dengan cara yang praktis. Dengan fitur ini,tulisan yang kita buat meski dalam pencatatan yang berantakan akan diatur ulang secara otomatis oleh AI menjadi lebih rapi dan terstruktur bahkan setelah itu dapat langsung diterjemahkan.

Galaxy AI Galaxy S24Berikut cara menggunakan fitur Note Assist

  • Buka aplikasi Notes di Galaxy S24 Series
  • Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas, kemudian pilih ‘Summarize’
  • Ringkasan catatan sudah terproses oleh Galaxy AI

Melengkapi pengalaman produktif yang lebih canggih, Galaxy AI juga punya fitur Browsing Assist yang membantu merangkum artikel dan menerjemahkan isi dari browser. Fitur ini membuat pengalaman ketika membaca atau melakukan riset kecil-kecilan dari internet jadi lebih singkat, ringkas, dan efisien.

Tidak kalah menarik, Browsing Assist juga bisa melakukan penerjemahan tulisan secara otomatis, sehingga pengguna bisa dengan mudah memahami konten dari berbagai bahasa, bikin hidup lebih praktis.

Galaxy AI Galaxy S24Berikut cara menggunakan fitur Browsing Assist:

  • Buka aplikasi Samsung Internet, dan buka halaman web manapun
  • Klik ikon Browsing Assist, dan pilih ‘Summarize’
  • Teks tersebut akan dirangkum dalam poin-poin. Dan kita juga dapat menerjemahkan halaman web yang diringkas dengan klik ikon ‘Translate’

2. Memudahkan dalam Mencari informasi dengan Circle to Search with Google

Galaxy AI Galaxy S24Galaxy AI di Galaxy S24 bikin hidup pengguna lebih praktis dengan turut mempermudah dalam melakukan proses pencarian informasi di dunia maya. Dengan Galaxy AI, kita tidak perlu repot-repot menggali lebih dalam informasi hanya menggunakan kata kunci, tapi lebih praktis dengan menggunakan gambar yang ada di layar smartphone, hanya dengan menggunakan fitur Circle to Search with Google.

Fitur ini bisa menjadi panduan andalan untuk mengenali objek apapun yang kita temui, baik dari objek yang kita tangkap dengan kamera maupun dari video atau gambar yang ditemukan di internet. Cukup dengan menahan home button, kemudian menggambar lingkaran di sekitar objek, kita bisa langsung mengakses informasi terkait secara instan.

Bagi yang suka melakukan penelitian, khususnya yang sering terlibat dalam eksplorasi ilmu pengetahuan di lapangan, fitur Circle to Search akan membuat lebih fokus pada riset tanpa kekhawatiran tidak mendapatkan data yang dibutuhkan.

BACA JUGA:

Contohnya, kita menemukan tanaman yang ternyata bisa membantu riset kita, dengan fitur ini kita dapat dengan cepat memperoleh informasi mengenai tanaman tersebut dan bisa mengajukan follow-up question untuk melengkapi data yang didapatkan. Dengan begitu, fitur ini memastikan kelancaran dan efisiensi dalam setiap pengamatan dan eksplorasi.

Berikut caranya:

  • Klik dan tahan tombol Home Button
  • Lingkari objek yang ingin diketahui informasinya
    Informasi dari objek yang dilingkari akan langsung muncul di Google
  • Kita juga bisa mendapatkan informasi lebih berdasarkan follow-up question yang ingin diketahui

3. Bikin konten lebih mudah dengan Photo Assist dan Super HDR untuk hasil foto kualitas tinggi

Galaxy AI Galaxy S24Untuk yang gemar membagikan konten di media sosial ataupun menyelesaikan tugas kuliah atau kerja dengan konten visual, Galaxy S24 Series dilengkapi fitur Super HDR yang mampu menghasilkan foto-foto berkualitas tinggi. Fitur Super HDR tidak hanya terbatas pada aplikasi kamera bawaan, tetapi juga dapat diterapkan saat membuat konten langsung melalui aplikasi pihak ketiga seperti Instagram.

Hal ini memastikan bahwa setiap momen yang diabadikan dan dibagikan di Instagram atau platform media sosial lainnya tetap menghasilkan konten yang epic karena adanya integrasi kamera dengan media sosial. Dengan demikian, kita dapat dengan percaya diri mengekspresikan kreativitas dan membagikan momen berharga dengan kualitas visual yang luar biasa.

Tidak terbatas pada penggunaan kamera dengan kualitas terbaik, proses pembuatan konten juga akan lebih mudah dengan bantuan AI. Kita bisa menggunakan fitur Photo Assist pada Galaxy S24 Series untuk melakukan next-level photo editing, seperti retouch dan resize tanpa membutuhkan aplikasi tambahan.

Tak hanya itu, Photo Assist dari Galaxy AI juga memungkinkan kita untuk menghapus objek yang tidak diinginkan, memperkecil atau memperbesar objek, memperluas latar belakang objek, bahkan menghapus refleksi pada objek. Fitur ini memberikan kemampuan editing yang canggih, sehingga memungkinkan kita menciptakan konten yang lebih menarik, berkualitas, dan berbeda dari yang lain.

Berikut cara menggunakan fitur Photo Assist:

  • Pilih foto yang ingin diedit di aplikasi galeri
  • Klik ikon , kemudian klik ikon Generative Edit
  • Gambar di sekitar objek yang ingin disesuaikan, posisikan objek sesuai dengan keinginan, mulai dari memperbesar, memperkecil, atau meluruskan
  • Klik ikon ‘Generate’ untuk memproses foto editan kita

4. Keterbatasan Bahasa Bukan lagi Kendala

Galaxy AI Galaxy S24Keterbatasan bahasa sudah seharusnya tidak lagi menjadi kendala pada zaman ini. Dengan bantuan Galaxy AI yang punya fitur Interpreter, kita dapat lebih mudah berkomunikasi dengan lawan bicara dari berbagai negara dengan bahasa yang berbeda. Jadi, kita bisa mencari peluang-peluang baru yang lebih luas di dunia internasional tanpa terkendala hambatan bahasa.

Melalui fitur ini, kita bisa meraih kesempatan-kesempatan baru untuk mengambil pekerjaan remote, freelance dari luar negeri, hingga berjualan online ke luar negeri meski tidak terlalu fasih bahasa asing. Oleh sebab itu, pemanfaatan Galaxy S24 Series untuk mendukung produktivitas bisa semakin mengesankan. Untuk menggunakan Live Translate, pastikan sudah mengunduh bahasa yang diinginkan melalui pengaturan.

Cara menggunakan fitur Live Translate:

  • Swipe ke bawah pada halaman utama untuk membuka menu pengaturan.
  • Kemudian pilih opsi “Interpreter“.
  • Terjemahan sudah diproses oleh Galaxy AI

Kita bisa menggunakan fitur ini secara langsung saat berhadapan dengan lawan bicara menggunakan Galaxy S24 series. Fitur ini juga bisa dipakai saat berbicara melalui panggilan telepon. Hanya perlu mengklik opsi “Call Assist” dan kemudian klik “Live Translate” saat sedang bertelepon dengan lawan bicara. Kita juga bisa memilih bahasa yang ingin digunakan.

Galaxy AI Galaxy S24Berikut cara menggunakan fitur Call Assist:

  • Saat sedang menelpon atau menerima telepon, klik ikon ‘Call Assist’
  • Klik ikon ‘Live Translate’
  • Bixby voice akan secara otomatis menggunakan konfigurasi bahasa yang dipilih di Pengaturan perangkat untuk memulai percakapan.

HP Pesaing

Rekomendasi HP Terbaru

3 Langkah Mudah Bikin Konten Estetik Pakai Galaxy S24 Ultra

Selain Galaxy AI, Ini Dia 3 Lompatan Besar Fitur-fitur Galaxy S24...

Samsung Galaxy S24 series Galaxy AI

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Pad Air2

HP Terbaru April 2024

Oppo Pad Air2

Tecno Spark 20C

Tecno Spark Go 2024

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini